KONSEP DASAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN MULTIMEDIA
KONSEP DASAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN MULTIMEDIA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dari
masa kemasa perkembangan teknologi multimedia semakin pesat. Penggunaan
teknologi multimedia juga sangat membantu pekerjaan manusia dan tentunya di era
saat ini teknologi multimedia. Istilah multimedia pertama kali di kenal pada
dunia teater, yang mempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik,
dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal
dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan
animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual.
Umumnya juga orang mengenal multimedia sebagai sistem dari komputer personal
(PC) yang berkembang pesat dewasa ini. Dalam Perkembangannya pengajaran,
latihan, pembuatan manufaktur, sedang dalam system perekonomian layak digunakan
untuk kegiatan promosi penjualan. Satu alasan penting bahwa alat bantu
multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik adalah menarik perhatian dengan
kualitas kerja yang luar biasa, warna-warna terang pada bagan, bentuk unik
suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya akan membantu mendapatkan
perhatian. Dengan kualitas praga yang luar biasa, warna-warna pada bagan,
bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya akan membantu
mendapatkan perhatian dan memperbaharui daya tarik gagasan yang disampaikan.
Perhatian penuh dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik memiliki “waktu
paruh yang sangat singkat alat multimedia dapat digunakan secara efektif untuk
mengendalikan perhatian penyimak melalui stimulasi visual dan stimulasi oral.
Stimulasi visual dan stimulasi oral akan memberikan kesadaran yang tinggi,
intensitas, ukuran yang besar, pengulangan, durasi, warna yang cerah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi
Teknologi
Secara etimologi, kata teknologi berasal dari perpaduan
dua buah akar kata yaitu ‘techne’ atau ‘techton’ dan ‘logos’, keduanya berasal
dari bahasa Yunani. Techton atau techne berarti pilan dan kata ini memiliki
padanan dalam bahasa sansekerta berarti taksan dan dalam bahasa Arab berarti
taskhir serta dalam bahasa latin berarti tegere dan logos tentu saja berarti
ilmu. Sehingga secara sederhana teknologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang
keterampilan. Berdasarkan web.engr.oregonstate, pengertian teknologi
dibagi atas 5 jenis tergantung dari sudut pandang serta prosesnya.
Pertama, pengertian teknologi
sebagai proses yaitu sebuah proses rasional (mampu diukur menggunakan akal)
dalam menciptakan sarana untuk mengarahkan dan mengubah materi, energi dan
informasi untuk mewujudkan hasil tertentu. Kedua, pengertian teknologi sebagai
objek yaitu seperangkat sarana (seperti peralatan, sistem, metode, ataupun
prosedur) yang diciptakan oleh proses teknologis Ketiga, pengertian teknologi
sebagai ilmu pengetahuan, yang membuat proses proses teknologis (semua langkah
yang berhubungan dengan keterampilan untuk lebih menyempurnakan) menjadi
mungkin. Terdiri atas fakta fakta dan kumpulan prosedur yang dibutuhkan untuk
mengarahkan da memanipulasi materi, energi dan informasi dan bagaimana cara
untuk menemukan sarana baru untuk informasi yang serupa. Keempat, Pengertian
teknologi sebagai bendanya, merupakan sebuat satuan kecil yang berhubungan
dengan objek teknologi dan ilmu pengetahuan. Kelima, pengertian teknologi
sebagai sebuah sistem yang tersusun atas proses teknologis, objek teknologis,
ilmu pengetahuan teknologis, pengguna objek teknologi dan pandangan dunia, yang
telah menyatu dan mengarahkan proses teknologis. Teknologi memiliki banyak
definisi yang berbeda-beda. Masing-masing dikemukakan oleh beberapa buku dan ahli
dalam bidangnya. Salah satunya dari kamus besar bahasa Indonesia, Poerbahawadja
Harahap, dan beberapa ahli lainnya. Definisi Teknologi Menurut Poerbahawadja
Harahap, Teknologi adalah :
1.
Ilmu yang menyelidiki cara-cara kerja di dalam tehnik
2.
Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik-pabrik
dan industri- industri. Sedangkan definisi Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia (1990 : 1158), Teknologi adalah;
3.
Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu
pengetahuan terapan
4.
Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang
yang diperlukan bagi kelangsungan dan
Teknologi adalah keseluruhan sarana
untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan
kenyamanan hidup manusia. Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai
entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan
dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi
merujuk pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan
masalah-masalah di dunia nyata.
2.2 Definisi
Informasi
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau
kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol,
atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi
dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda,
atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah
jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para
konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi bisa di
katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau
instruksi Namun, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada
konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan seperti arti, pengetahuan,
persepsi dll.Dalam beberapa hal pengetahuan tentang
peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima
melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari
berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta
seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer, informasi
adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini
memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari
pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.Informasi
adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. Sebagai contoh,
dokumen berbentuk spreadsheet (semisal dari Microsoft Excel) seringkali
digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada di dalamnya. Laporan laba
rugi dan neraca merupakan bentuk informasi, sementara angka-angka di dalamnya merupakan
data yang telah diberi konteks sehingga menjadi punya makna dan manfaat.
Informasi
merupakan hasil dari pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi
penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang
dapat dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak
langsung pada saat mendatang (Sutanta, 2011). Informasi adalah data
yang telah di rangkum atau di manipulasi dalam bentuk lain untuk tujuan
pengambilan keputusan (William, 2007).
Sedangkan
menurut (Fajri, 2014) informasi dapat diartikan suatu data yang telah
diproses dan diubah menjadi konteks yang berarti sehingga memiliki makna dan
nilai bagi penerimanya dan biasa digunakan untuk pengambilan keputusan. Menurut
para ahli yang lain informasi dijelaskan sebagai berikut:
1.
Abdul Kadir, McFadden dkk.
Mereka
mendefiniskan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian
rupa sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data
tersebut.
2.
Azhar Susanto
didalam bukunya yakni Sistem
Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi merupakan hasil
pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu.
3.
Burch & Strater
mengemukakan
bahwa informasi merupakan proses pengumpulan atau pengolahan data
untuk memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan.
4.
George R. Terry
menjelaskan informasi sebagai
data yang terpenting untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat.
5.
Jogianto
dalam bukunya yang
berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, mengemukakan informasi
sebagai data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih bermanfaat bagi yang
menerima informasi.
6.
Lani Sidharta
mendefinisikan informasi sebagai
data yang diberikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk membuat sebuah
keputusan.
7.
Menurut Anton M. Meliono
informasi merupakan suatu data
yang sudah diproses untuk tujuan tertentu. Dimana tujuannya ialah agar
menghasilkan suatu keputusan.
8.
Menurut George H. Bodnar
informasi merupakan data yang
diolah sedemikian ruppa, sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah
keputusan yang tepat dan benar.
9.
Menurut Tata Sutabri
menjelaskan
bahwa informasi ialah data yang diolah / diinterpretasikan untuk
mengambil sebuah keputusan.
10. Menurut Gordon
B. Davis
informasi yakni suatu data yang
sudah dikerucutkan menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti bagi si penerima
informasi dan berguna dalam pengambilan keputusan.
2.3 Definisi
Multimedia
Multimedia terdiri dari dua kata “multi” artinya banyak, dan “media”
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam
Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk
menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan
video – Berikut beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
1.
Kombinasi dari komputer dan video. (Rasch, 1996)
2.
Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.
(Me.Comick, 1996)
3.
Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan
output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik
dan gambar.(Turban dan kawan-kawan, 2002)
4.
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis
dan interaktif yangmengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.
(Robin danLinda, 2001)
5.
Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstekter,
2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi,
berkreasi dan berkomunikasi. – Kategori Multimedia :
Multimedia dapat di definisikan
menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia
communication dengan definisi sebagai berikut:
·
Multimedia Content Production adalah penggunaan dan
pemrosesan
beberapa media (teks, audio,
graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan
informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game,
intertaintment, dll.) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan
untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam Kategori
ini media yang digunakan adalah :
·
media teks a media audio
·
media video a media animasi
·
media graph/image
·
media interactivity
·
medin spesial effect
·
Multimedia Communication adalah penggunaan media
(maca), seperti
televisi, radio, media cetak dan
internet untuk mempublikasikan menyiarkan / mengkomunikasikan material
advertising, publicity, entertaintment, news, education, dll. Dalam kategori
ini media yang digunakan adalah:
·
Radio
·
Film
·
Media Cetak
·
Musik
·
Game
·
Entertainment
·
Tutorial
·
ICT (Internet)
Karakteristik
Multimedia
Multimedia juga mempunyai
karakteristik, yaitu ada 2 bentuk :
1.
Bentuk Linler : Sebuah struktur multimedia dimana
pengguna bemafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang
lainnya.
2.
Bentuk Ne Linler : Struktur multimedia dimana pengguna
bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.
2.4
Pengertian Teknologi Multimedia
Pengertian Teknologi Multimedia Secara ringkas, Vaughan (2004) mengatakan
bahwa teknologi multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik
perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik lainnya
untuk menyampaikan suatu informasi yang interaktif. Perkembangan serta
pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir di seluruh aspek
kegiatan. Contoh media penyampai informasi adalah teks, gambar foto, video,
musik, animasi (gambar bergerak), ataupun internet.
Teknologi
multimedia dapat menggabungkan beberapa media penyampai informasi, misalnya
menggabungkan gambar dengan suara, atau dengan data lainnya dalam satu media.
Penggabungan ini menghasilkan sebuah sistem multimedia sehingga penyampaian
informasi lebih menarik dan interaktif daripada menggunakan satu media saja
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content
production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :
Multimedia
Content Production (produksi konten multimedia) Multimedia content production
dapat diartikan sebagai penggunaan media untuk penyajian produkproduk informasi
berbasis kreatif. Misalkan animasi, musik digital, video dan sebagainya. Media
tersebut tentunya juga beragam dan akan sangat mempertimbangkan untuk apa dan
untuk siapa informasi tersebut disajikan. Contoh : banner, film kartun, web, cd
interaktif, iklan, special effect dsb. Multimedia Communication (komunikasi
multimedia) Multimedia komunikasi dapat diartikan penggunaan media untuk
kegiatan komunikasi baik dalam bentuk audio, teks dan atau audio visual. Contoh
: kegiatan chatting, sms, teleconference, video conference.
Multimedia juga mempunyai
karakteristik, yaitu ada 2 bentuk : 1. Bentuk Linier : Sebuah struktur
multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite
informasi ke yang lainnya. 2. Bentuk No Linier : Struktur multimedia dimana
pengguna bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.
Menurut James A. Senn, multimedia
terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dalam
gambar dibawah ini :

1. Teks
Bentuk data multimedia yang paling
mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat
atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung
kepada penggunaan aplikasi multimedia. Teks merupakan dasar dari pengolahan
kata dan informasi berbasis multimedia. Beberapa hal yang perlu diperhatikan
adalah penggunaan hypertext, auto-hypertext, text style, import text dan export
text.
2.
Grafik (gambar).
Alasan untuk menggunakan gambar
dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik
perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat
meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih
berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan
teks, merupakan opsi yang bisa dipilih. Secara umum, image atau grafik berarti
still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual
(visual-oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk
menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah
bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu.
3.
Audio (bunyi).
Media tanpa bunyi hanya disebut
unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui
suara, musik dan efek-efek suara. Penyajian audio merupakan cara lain untuk
memperjelas pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan
dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan
karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect),
maupun suara asli (real sound).
Video menyediakan sumberdaya yang
kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Video Terdiri dari full-motion dan
life-video. Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video
clip, sedangkan live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari
kamera.
5.
Dalam multimedia
animasi merupakan penggunaan
komputer untuk menciptakan gerak pada layer. Ṇ kegiatan, dll. Konsep dari
animasi adalah menggambarkan sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar
atau sekumpulan gambar. Demikian juga tidak dapat menggunakan teks untuk
menerangkan informasi. Animasi seperti halnya film, dapat berupa frame-based
atau cast-based. Frame-based animation (animasi berbasis frame) dibuat dengan
merancang setiap frame tersendiri sehingga mendapatkan tampilan akhir.
Cast-based animation (animasi berbasis cast) mencakup pembuatan kontrol dari
masing-masing objek yang bergerak melintasi background.
2.5
Penerapan Teknologi Multimedia
Multimedia tentunya sudah tidak asing terdengar oleh manusia, apalagi
multimedia memegang peranan penting didalam kehidupan sehari-hari. Maka dari
itu, perlu adanya penerapan multimedia supaya multimedia bisa semakin
berkembang dan semakin mudah digunakan oleh manusia. Multimedia hampir bisa
digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan
teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir
dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio,
handphone dan computer.
Penerapan Multimedia dalam kehidupan
sehari-hari manusia, yaitu dalam:
1.
Bidang Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis
meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database,
catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video
conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam
suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah,
perusahaan-perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar. Contoh penersan
multimedia dalam bisnis: Company Profile, Presentasi Bisnis, Simulasi atau
demonstrasi produ, Multimedia dalam pendidikan, Media pembelajaran, Simulasi
keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll.
2.
Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini
mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan
interaktif, sehingga proses belajar-mengajar tidak terlalu monoton seperti
selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti
aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak.
Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi
anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca
maupun belajar hal lainnya.
3.
Bidang Kesehatan
Dibidang kesehatan dapat kita
lihat penerapan multimedia pada simulasi anggota tubuh seperti otak. usus,
paru-paru; simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit media penyuluhan
kesehatan.
4.
Bidang Keagamaan
Ceramah agama di televisi dan
radio, Quran digital dengan gambar dan suara, Doa dengan gambar dan suara.
5.
Rumah Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka
ragam.
Contohnya komputer yang
menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga
mesinmesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia,
seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua
permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
6.
Permainan
Permainan pada saat ini yang
menerapkan multimedia, khususnya berbasis tiga dimensi menjadikan permainan
menjadi lebih hidup dan nyata.
7.
Situs web
Penerapan multimedia pada situs web
menjadikan situs web menjadi lebih kaya dengan penambahan musik latar belakang,
animasi dan video daripada situs web yang hanya memiliki teks semata. Kelebihan
penerapan multimedia pada situs web ini, pengunjung akan lebih tertarik untuk
melihat isi dari situs web multimedia ini.
8.
Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat
umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel. pusat
perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut
dapat berguna untuk memberikan informasi informasi dan bantuan mengenai tempat
yang bersangkutan dengan tujuan agar penyampaian informasi menjadi lebih
menarik bagi pengunjung.
2.6
Penerapan Teknologi Multimedia di Perpustakaan
Penerapan
teknologi di perpustakaan yang sudah popular saat ini diantaranya adalah
:Audible eBooks, e-News, e-Digital, e-Dictionary, Audio Books, InfoEyes
(Virtual Reference), Braille, dsbnya.
·
Barcode
Barcode dalam ilmu computer
diartikan dengan kode atau simbol yang pada umumnya terdiri dari lajur-lajur
atau batang-batang parallel, kadang berwarna-warni, yang berbeda-beda tebal
maupun jarak antara batangnya. Perpustakaan banyak yang memasang barcode pada
koleksinya demi keamanan dan kelancaran pelayanan. Peralatan pengamanan ini
terdiri dari alat sensor, alat keamanan buku, dan alat aktifaksi-deaktifksi.
·
Alat Sensor
Alat sensor adalah pintu yang
dipasang pada pintu keluar perpustakaan sekolah yang berfungsi sebagai
pengontrol.
·
Alat Pengamanan Bahan Pustaka
Bahan pustaka yang terdiri dari
bahan kertas dan bahan non kertas yang dipinjamkan keluar, perlu diberi tattle
tape system sebagai alat keamanan. Alat ini memiliki karakteristik
1.
Bentuknya tipis, bening, dan transparan sehingga sulit
dikenali.
2.
Menggunakan tekhnologi elektromagnetik yang dah
diterapkan ke
permukaan bahan pustaka.
·
Alat Aktivitas-Deaktivitas
Alat ini memiliki kemampuan
aktifasi deaktifasi secara cepat, kira-kira dua detik dan dapat dilakukan dari
dua arah yang berlawanan. Kecuali itu, alat ini memilki karakteristik sebagai
berikiut :
·
Memilki interface ke barcode system sehingga dapat
mengakses informasi dari database.
·
Memiliki indicator yang mudah di baca pada saat proses
aktifasi atau deaktifasi.
·
Dapat melakukan aktifasi atau deaktifasi beberapa buku
sekaligus.
·
Dapat digunakan untuk bahan nonbuku seperti film,
kaset, CD, dan lainnya.
BAB III
KESIMPULAN
3.1
Kesimpulan
Teknologi
memiliki arti secara sederhana sebagai ilmu tentang keterampilan. Teknologi
adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi
kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum, teknologi dapat
didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara
terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Multimedia
dapat diartikan alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Pengertian multimedia menurut istilah adalah penggunaan sarana (media) yang
menyajikan kombinasi (gabungan) berbagai elemen informasi, seperti animasi,
video, teks, suara, grafik, maupun gambar yang bersifat interaktif yang
bertujuan menyampaikan informasi, atau sekedar memberikan hiburan kepada si
peneriman. Jadi teknologi multimedia merupakan perpaduan dari teknologi
komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi
elektronik lainnya untuk menyampaikan suatu informasi yang interaktif.
Teknologi multimedia juga bermanfaat pada beberapa bidang kegiatan seperti
bidang bisnis, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang keagamaan, rumah,
permainan, situs web, tempat umum. Teknologi multimedia juga dapat diterapkan
di perpustakaan. Seperti penerapan teknologi di perpustakaan yang sudah popular
saat ini diantaranya adalah :Audible e-Books, e-News, e-Digital, e-Dictionary,
Audio Books, InfoEyes (Virtual Reference), Braille, dsbnya.
DAFTAR PUSTAKA
6.
Komentar
Posting Komentar